Wednesday, March 16, 2016

( Resensi Buku ) Belajar Membumi bersama Mbah Rono



Buku wajib bagi para mahasiswa yang studi tentang kebumian (Geologi, Geofisika, Geografi, dsb) hingga dosen sekalipun. Karena didalamnya kita bisa belajar banyak tentang betapa beruntungnya Indonesia memiliki ahli Gunung api sekaliber Mbah Rono ini. Buku berjudul “Belajar Membumi Bersama Mbah Rono” ini seolah merangkum secara sederhana bagaimana Mbah Rono memandang alam secara lebih mendalam dengan penuh pengertian. Bagaimana Mbah Rono menganggap bahwa manusia ini hanyalah “Tamu” di Bumi ini. Untuk itu, belajar tentang bumi tidak lain adalah belajar tentang “sang empunya rumah yang telah diciptakan oleh Sang Maha Pencipta”, begitu tutur kata Mbah Rono yang lulusan S3 Geofisika Prancis. Di dalam buku ini juga dijelaskan secara ilmiah dalam kacamata beliau tentang kebencanaan seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor. Mbah Rono kesal jika ada letusan gunung api, longsor, banjir, atau tsunami, masyarakat sudah buru-buru menyalahkan alam, mengumpat, dan memaki. Padahal menururt dia, justeru manusia harus berpikir dan introspeksi diri, mengapa terjadi longsor? Mengapa alam seperti marah? Apa kita sebagai manusia terlalu egosi untuk hidup harmonis bersama alam? Apa selama ini kita kurang menghormati alam ini? atau kita terlalu jahat karena mengeksploitasi alam secara besar-besaran? 


Satu hal yang juga sangat saya sukai adalah bagian dimana ketika beliau dulu berjuang selama kuliah dengan bekerja sambilan sebagai tukang foto keliling, juga tentang betapa membuminya Mbah Rono dengan sikap rendah hatinya. Ia bukan gila harta, bahkan rumahnya sengaja disamping kuburan agar ia bisa membelinya dengan harga murah, mobilnya pun tak sebagus mobil anak buahnya, pun pakaian yang beliau gunakan adalah pakaian sederhana. Meski begitu pada tanggal 7 Juli 2015 Mbah Rono mendapatkan penghargaan tertinggi dari Presiden Prancis, yang kira-kira kalau dalam bahasa Inggris penghargaan itu bernama ‘a knight of the legion of honor’. 

So, yuk beli bukunya. Dijamin gak bakal rugi dengan segudang ilmu dan pengalaman hidup beliau. Saya saja membacanya hingga berkali-kali. Hehe

“Mbah Rono adalah orang ahli kebumian dengan sikap yang sangat membumi (Cahyo Utomo)”






No comments:

Post a Comment